Path: Top / Jurnal / Jurnal Nasional / Bidang Komputer & Informatika

Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Di Mts NW Kilang

Journal from #PUBLISHER#
Oleh : M. Abdurrahman Sunni, Anggun Variasi islami
Dibuat : 2020-08-08, dengan 1 file

Keyword : Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA (fisika) pada siswa kelas IX MTs NW Kilang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen dengan desain pretest-posttes control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs NW Kilang dan sampel yang dipilih adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil belajar fisika siswa pada materi kelistrikan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari hasil analisis data uji t dua pihak didapatkan nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5%, yaitu t hitung = 2,621 > t tabel = 2,000. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas IX MTS NW Kilang Tahun Ajaran 2019/2020.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
Organisasi
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: erfan.wahyudie@gmail.com@#publisher#

Download...