Path: Top / Jurnal / Jurnal Nasional / Bidang Manajemen

Analisis Perbandingan Relationship Orientation Antara Mitra Dengan Pengusaha Art Shop Pada Sentra-Sentra Kerajinan Tenun di Kabupaten Lombok Tengah

Journal from #PUBLISHER#
Oleh : Lale Puspita Kembang
Dibuat : 2018-07-08, dengan 1 file

Keyword : Kain Songket, Art Shop, Relationship Orientation, Sentra Kerajinan Tenun

Abstrak – Bisnis kain tenun umumnya dilakukan di art shop, dimana pihak art shop sebagai penjual yang dibantu oleh beberapa elemen yang salah satunya melibatkan mitra untuk menunjang kesuksesan penjualan (bisnis). Akan tetapi yang terjadi adalah bisnis kain tenun di Lombok Tengah sedang mengalami penurunan penjualan kain tenun, di mana ada beberapa art shop yang tutup dan masih ada beberapa juga yang tetap bertahan. Walaupun dalam kondisi demikian, banyak diantara mitra menerima fee 40%-60% dari total belanja tamu yang dibawa. Ini tentu memberatkan untuk pengusaha art shop karena mereka juga harus mendapat keuntungan yang memadai untuk bisa mengembangkan usaha art shopnya dan mensejahterakan karyawan dan pengrajin tenun songket yang menjadi pemasoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan perbedaan relationship orientation pengusaha art shop dengan mitra di Kabupaten Lombok Tengah. Manfaat penelitian dapat digunakan sebagai acuan dalam mengelola bisnis kerajinan songket sehingga bisa mempertahankan loyalitas pelanggan melalui strategi yang tepat ditengah ketatnya persaingan bisnis dan pasar pada saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan atau menggambarkan secara sistematis dengan fakta yang akurat sifat-sifat serta hubungan antar variable. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan pemberian kuesioner kepada responden sebagai sampel terpilih. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat Relationship Orientation Pengusaha Art Shop termasuk dalam kategori tinggi sedangkan tingkat Relationship Orientation Mitra masuk kedalam kategori sangat tinggi. Ini artinya tingkat Relationship Orientation Mitra lebih tinggi dari pengusaha art shop, selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara relationship orientation yang terdiri dari Trust, Bonding, Communication, Shared Value, Empathy dan Reciprocity antara mitra dengan pengusaha art shop di sentra-sentra kerajinan tenun Lombok Tengah. Kata kunci:

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
Organisasi
Nama Kontak
Alamat
Kota
Daerah
Negara
Telepon
Fax
E-mail Administrator
E-mail CKO

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: erfan.wahyudie@gmail.com@#publisher#

Download...